My Instagram

Contact Form

Name

Email *

Message *

About Me

authorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →

Tags

Tags

Technology

3/Technology/post-list

Recent in Sports

3/Sports/post-list

Random Posts

3/random/post-list
wulanwulan

Popular Posts

Sehat Dengan Mengkonsumsi Daging dan Telur Ayam

1 comment

Pemenuhan gizi keluarga yang baik pastinya menjadi perhatian bagi setiap orang tua...

Setiap keluarga memiliki harapan yang sama yaitu tercukupinya asupan gizi sehingga semua anggota keluarga menjadi sehat dan cerdas. Bicara pemenuhan gizi tidak akan lepas dari pembicaraan anggaran keuangan keluarga yang diperlukan untuk dapat memenuhi gizi yang baik tersebut.

Persepsi bahwa gizi yang baik hanya dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mahal masih ada di masyarakat kita.

Sebut saja kebutuhan protein. Masih banyak beredar anggapan di masyarakat kita bahwa protein yang baik hanya didapat dengan cara mengkonsumsi daging dan susu serta produk olahannya seperti keju yang memiliki harga relatif mahal.
.
Padahal masih ada lho sumber protein lain yang baik dan banyak manfaatnya, namun harganya dijamin terjangkau oleh dompet masyarakat secara umum. Daging dan telur ayam jawabannya.
dok by freepik

Daging dan telur ayam sudah lama dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain harganya yang lebih murah bila dibandingkan sumber protein lainnya, sumber protein inipun relatif sangat mudah di dapatkan di berbagai pasar dan supermarket.

Berbagai manfaat kita bisa dapatkan dengan mengkonsumsi sumber protein yang berasal dari unggas yang satu ini. Yuk kenali manfaat apa saja....

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh FAO ECTAD Indonesia (Alfred Kompudu), daging ayam memiliki berbagai manfaat seperti :

1. Mengurangi Risiko Anemia
Kandungan zat besi yang ada pada daging ayam berperan untuk memperlancar produksi dan peredaran darah di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan
Mineral yang terkandung dalam daging ayam yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita adalah selenium. Daging ayam menyediakan hampir 40% selenium dari total kebutuhan harian tubuh Kita. Selenium juga memiliki sifat antioksidan, yang berguna untuk melindungi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikan fungsi normal dari kelenjar tiroid.

3. Menjaga Keseimbangan Kolesterol
Vitamin B3 atau Niacin juga sangat tinggi yang ditemukan dalam daging ayam, yaitu bisa memberikan hampir 72% dari total kebutuhan harian tubuh kita. Vitamin ini diperlukan untuk metabolisme makanan, mengambil energi dari makanan, dan menjaga fungsi sistem pencernaan, kulit dan saraf.

4. Memperkuat Tulang dan Meningkatkan Masa Otot
Jika Anda ingin menambah asupan fosfor, pilihlah bagian dada ayam yang warnanya lebih terang. Gunakan teknik memasak yang tidak menghilangkan banyak kandungan gizi, seperti memanggang. Sebaliknya, merebus bisa menurunkan kandungan fosfor.

5. Mengurangi Resiko Arthritis
Seperti yang telah disebutkan di atas, telur mengandung selenium yang memiliki manfaat tdk hanya sebagai antioksidan tetapi juga mampu mengurangi resiko radang sendi (arthritis).

6. Mempertahankan Kekuatan Gigi
Phosphorus yang terdapat pada daging ayam terbukti mampu membantu mempertahankan kekuatan gigi.

dokpri

Tidak hanya daging ayam saja yang banyak memiliki manfaat seperti paparan di atas. Telur ayampun tidak kalah banyaknya memberikan manfaat bagi tubuh kita seperti :

1. Sebagai sumber protein berkualitas tinggi
2. Melindungi Kesehatan Mata dan Penglihatan
3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
4. Kulit dan Rambut menjadi Sehat
5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
6. Mengurangi Resiko Cacat Lahir
7. Membantu Perkembangan Otak dan Melindungi Fungsi Otak
8. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Selain mengetahui manfaat dari mengkonsumsi daging dan telur ayam, kitapun harus tahu cara mengkonsumsi sumber protein ini agar dapat memberikan manfaat yang maksimal. 

dokpri

Untuk megkonsumsi telur, cara terbaik adalah dengan memakan telur matang. Proses memasak telur membuat protein yang ada di dalamnya lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan dengan telur mentah. Adapun untuk daging ayam, yang harus diperhatikan adalah saat memilih daging ayam. Pilihlah daging ayam segar yang memiliki ciri-ciri antara lain warna dagingny putih pucat dengan semburat merah, baunya sangat tipis bahkan hampir tidak berbau dan dagingnya relatif lembab saat disentuh.

Setelah mengetahui manfaat, cara memilih dan mengolah baik daging maupun telur ayam, diharapkan masyarakat kita pun lebih percaya diri untuk memasukkan daging dan telur ayam ke dalam menu harian keluarga. Selain itu, beredarnya isu-isu negatif seputaran ayam dan telur tidak lagi membuat kita takut apalagi menghindar untuk mengkonsumsinya karena sudah paham akan manfaatnya.

Dengan pemahaman yang baik diharapkan konsumsi  daging dan ayam keluarga Indonesia meningkat sehingga dapat menghasilkan keluarga yang sehat yang memiliki generasi muda yang tidak saja sehat jasmani namun memiliki kemampuan intelektual yang mampu untuk bersaing dalam tingkat global.

   

Related Posts

1 comment

  1. Selamat ya my sister, dapat juara ke 2 semoga jadi pemicu semangat berbagi manfaat melalui tulisan. Good job!

    ReplyDelete

Post a Comment